Berwisata Alam ke Air Terjun Parang Ijo Karanganyar

Air Terjun Parang Ijo Karanganyar, Jawa Tengah.
Air terjun Parang Ijo merupakan salah satu objek wisata alam Karanganyar yang terletak di kaki Gunung Lawu. Tepatnya di Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.

Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 50 meter dan berada di ketinggian kurang lebih 1000 mdpl. Lokasinya tidak terlalu jauh dengan tempat wisata lain, seperti Candi Cetho, Candi Sukuh, Air Terjun Jumog serta kebun teh Kemuning.
 
Pemandangan sekitar Air Terjun Parang Ijo.

Apabila berwisata di sana, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa. Pemandangan hijau di bawah kaki Gunung Lawu, dipadu dengan suasana dinginnya pegunungan. Selain objek wisata utama berupa air terjun, di sana juga tersedia berbagai fasilitas untuk wisatawan. Diantaranya kolam renang, flying fox, taman bermain, dan yang paling keren adalah gardu pandang.

Gardu Pandang Air Terjun Parang Ijo.
Pemandangan dari gardu pandang Air Terjun Parang Ijo.
Untuk mencapai gardu pandang, Anda harus naik menelusuri jalan setapak sekitar 30 menit (tergantung jalannya yaa, hehe). Setelah berjalan kaki kira-kira 30 menit, Anda akan menemui sebuah gardu yang lumayan tinggi, nah itu dia yang disebut gardu pandang. Untuk mendapati pemandangan yang luar biasa, Anda harus mengeluarkan energi lebih dengan menaiki tangga gardu. Setelah sampai di atas, Anda akan digusuhkan pemandangan luar biasa. Anda bisa melihat wilayah Ngargoyoso dari ketinggian. (pokoknya keren gilaa deh, gak bakal nyesel..). Dari titik gardu pandang, kita juga bisa melanjutkan perjalanan menelusuri jalan setapak untuk sampai di Taman Hutan Raya.
 
Jika Anda berangkat dari Kota Solo, waktu tempuh yang diperlukan kurang lebih satu jam untuk sampai di Air Terjun Parang Ijo. Setelah Anda sampai di Terminal Karangpandan, Anda akan menjumpai pertigaan. Dari pertigaan ambil kiri, nanti Anda akan mendapati beberapa petunjuk arah untuk sampai ke air terjun.

Lokasi air Terjun Parang Ijo tidak jauh dari pemukiman warga, dan untuk sampai di sana Anda harus berhati-hati karena jalan yang lumayan sempit dan menanjak.

Selamat berwisata ke Karanganyar..

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.